7 Tradisi Pernikahan Unik di Indonesia

0
261
views

Indonesia dengan berbagai suku bangsa, bahasa, dan tradisinya selalu menarik untuk diceritakan. Termasuk membicarakan pernikahannya. Makanya sebelum memutuskan ke tahap lebih lanjut, ada baiknya kita cari tahu tata cara atau tradisi pernikahan sesuai suku bangsa di Indonesia. Nah, beberapa di antaranya ada keunikan di setiap tradisi pernikahan yang dianut.

Mempelai Wanita Melamar Pria

penikahan adat minang
penikahan adat minang

Tidak seperti adat lainnya. Dalam tradisi pernikahan adat Minang, keluarga mempelai wanita akan datang ke pihak mempelai pria untuk meminang. Setelah lamaran diterima, prosesi ini dilanjutkan dengan bertukar tanda sebagai simbol pengikat.

Keluarga mempelai wanita datang dengan membawa kue-kue dan buah buahan serta sirih pinang, lengkap disusun dalam kampia (Tas yang terbuat dari daun pandan) yang disuguhkan untuk dicicipi keluarga pihak pria. Lalu dilanjutkan dengan saling menukar benda-benda pusaka seperti keris, dan kain adat.

Selain itu apabila menikah dengan tradisi adat Minang, harus melalui beberapa tahap. Yakni maresek (Pertemuan), maminang dan batimbang tando (Meminang dan bertukar tanda), mahanta siriah (Minta izin), babako-babaki (Membawa berbagai antaran), malam bainai (Memberi inai pada kuku mempelai wanita), manjapuik marapulai (Menjemput mempelai pria untuk akad nikah), penyambutan di rumah anak Daro, dan ada pula tradisi setelah akad nikah. Unik sekali bukan?

Merundingkan Mas Kawin atau Mahar

pernikahan adat batak
pernikahan adat batak

Dalam pernikahan adat Batak, ada sebuah tradisi yang cukup menarik. Jika ingin menikahi seorang wanita dari suku Batak, maka pria tersebut harus membeli wanita tersebut dari orangtuanya. Proses pembelian wanita ini disebut dengan Sinamot. Sinamot adalah harga (Mahar) yang ditentukan orangtua dari pihak mempelai wanita agar pihak mempelai pria bisa memiliki dan mempunyai hak atas anak perempuannya.

Tolak ukur harga beli yaitu terdapat pada pendidikan sang gadis. Jika gadis tersebut mempunyai gelar sarjana, ia dihargai tinggi dan apabila gadis itu hanya tamatan SMA maka harga beli gadis tersebut tidak terlalu tinggi.

Harga sinamot tidak selalu ditentukan dari pendidikan. Biasanya pendidikan dijadikan tolak ukur agar calon suaminya berpendidikan lebih tinggi daripada mempelai perempuan. Agar kelak di saat berkeluarga, mempelai pria memang sudah mampu untuk menafkahi keluarganya. Terkadang sinamot menjadi permasalahan yang mengakibatkan pernikahan yang sudah direncanakan menjadi gagal.

Pihak perempuan memberi harga sinamot yang tinggi kepada anaknya. Sedangkan bila pihak laki-laki tidak mempunyai uang yang banyak untuk mampu membeli wanita tersebut, maka tidak terjadi kesepakatan dan membuat kekecewaan terhadap sepasang kekasih yang ingin melanjutkan cintanya ke pernikahan.

Budaya Pingitan

pernikahan adat  jawa
pernikahan adat jawa

Pada saat menjelang pernikahan, calon pengantin wanita dipingit selama tiga sampai lima hari. Pada masa itu calon pengantin wanita dilarang keluar rumah dan tidak boleh bertemu dengan calon pengantin pria. Calon pengantin wanita melakukan perawatan tubuh di rumah seperti luluran, berpuasa, dan minum jamu-jamuan.

Tujuannya agar pengantin pria merasa lebih kangen dan calon pengantin wanita tampil lebih cantik dan langsing di hari pernikahan. Mungkin efektif juga ya supaya membuat hari pernikahan terasa lebih seru dan menyenangkan. Asal jangan lama-lama dipingitnya. Hehe…

Menyanyikan Sebuah Puisi dan Disawer

pernikahan adat sunda
pernikahan adat sunda

Sawer dalam Bahasa Sunda berarti tempat jatuhnya air dari ujung genting bagian bawah. Upacara ini dimulai dengan menyanyikan sebuah puisi yang memiliki nilai rohani guna mendidik kedua mempelai. Lantas, kedua pengantin akan menerima bokor yang terdiri dari beras, uang receh, kembang gula atau permen, serta kunyit. Di mana beras melambangkan kemakmuran serta doa yang dialamatkan pada mempelai agar mendapatkan hidup makmur.

Uang receh adalah lambang harapan yang bisa dicapai oleh pengantin dengan berbagi bersama fakir miskin. Sementara kembang gula melambangkan arti kehidupan yang manis serta kunyit yang merupakan lambang kejayaan. Sawer memiliki makna penyampaian nasihat kedua orangtua mempelai. Upacara ini juga melambangkan cinta dan kasih sayang kedua orangtua yang tidak ada habisnya.

Melihat Hari, Jam dan Tanggal Baik

pernikahan adat tionghoa
pernikahan adat tionghoa

Melihat hari, jam dan tanggal baik merupakan hal wajib diperhitungkan bagi tradisi adat China di Indonesia. Pesta pernikahan bukan hanya sebagai simbol sementara, bahwa pasangan telah resmi dalam ikatan. Namun bagi keluarga sesepuh yang sangat memperhatikan adat istiadat, mereka menganggap bahwa pernikahan adat China haruslah sakral. Bukan hanya untuk kedua pasangan, namun juga ikatan antara kedua belah keluarga.

Barang yang diserahkan biasanya juga melambangkan kelanggengan, kesuburan dan juga kebahagiaan untuk pasangan. Uniknya dari barang lamaran pada adat ini ialah banyaknya nominal 9 (jiu) atau 8 (fat) yang menjadi kunci pokok langgeng dan berkembangnya kebahagiaan bagi kedua mempelai.

Tradisi Jual Beli

pernikahan adat bali
pernikahan adat bali

Bukan dagang lho ya,,,tradisi jual beli yang dilakukan dalam tradisi pernikahan adat Bali merupakan salah satu tahap di dalam perayaan pernikahannya. Di mana bakul yang dibawa oleh calon mempelai wanita tersebut kemudian akan dibeli oleh calon mempelai pria. Kegiatan tersebut merupakan analogi dari kehidupan berumah tangga yang harus saling melengkapi, memberi dan mengisi, hingga meraih tujuan yang diinginkan. Bermakna sekali ya tradisi jual beli ini?

Mahar Harus Berupa Emas

pernikahan adat bugis
pernikahan adat bugis

Suku Bugis sudah dikenal sebagai pernikahan suku yang mahal karena nilai mahar yang harus diberikan yaitu emas. Tapi tidak hanya maharnya yang mahal. Proses adat yang dimiliki oleh suku Bugis pun cukup panjang dan meriah karena melibatkan seluruh orang dari keluarga kedua belah pihak hampir disetiap prosesnya. Sudah siap untuk menikah? Harus siapkan mental, restu, dan juga uang ya. Semangat!

yapz, itu dia beberapa adat unik yang ada di indonesia. Kalian sudah siap nikah?? Mau nikah pakai adat mana?? atau mau yang modern aja?? Ya,semoga bermanfaat buat referensi kalian yang mau nikah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here