Persiapan Pernikahan: Hindari 7 Kesalahan Ini!

0
243
views
Memesan Tempat Sebelum Membuat Daftar Tamu
Memesan Tempat Sebelum Membuat Daftar Tamu

Mempersiapkan pernikahan memang akan menguras tenaga. Selain persiapan yang akan menguras tenaga, prosesi pernikahan juga akan membuat kita harus mempersiapkan hal-hal nyata dibalik prosesi resepsi tersebut. Persiapan pernikahan ini memang harus kita rencanakan jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaan tiba. Dengan membuat perencaan saja masih ada yang terlewatkan. Apalagi jika kita tidak melakukan perencanaan. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan.

1. Memesan Tempat Sebelum Membuat Daftar Tamu

tempat pernikahan
tempat pernikahan

Tentu saja hal ini sangat berpotensi membuat pernikahan kita akan berubah menjadi kacau. Untuk membuat para undangan lebih nyaman saat resepsi berlangsung tentunya tempat yang cukup dan sesuai kapasitas merupakan hal yang harus dipenuhi. Jangan sampai kita terburu memesan tempat namun jumlah tamu yang kita undang ternyata melebihi kapasitas tempat. Tentu hal ini akan membuat tamu tidak nyaman berada di tempat yang begitu sesak.

Sebaliknya jika kita telah memesan tempat yang ternyata jumlah tamu yang Anda undang ternyata sedikit, tentu hal ini akan merugikan kita. Maka dari itu kita harus terlebih dahulu menuliskan dan menentukan jumlah tamu yang akan kita undang sebelum menentukan tempat yang akan  dipakai. Dengan hal ini maka kita akan membuat tamu lebih nyaman dan resepsi pernikahan pun akan berjalan lebih baik dan sukses.

2. Terlalu Terburu-buru Menentukan Konsep Pesta Pernikahan

Konsep Pernikahan
Konsep Pernikahan

Tema atau konsep pesta pernikahan memang sesuatu yang ditunggu-tunggu para tamu undangan. Dalam menentukan konsep pernikahan ini kita harus merencanakan dan mendiskusikanya dengan matang bersama calon pasangan dan keluarga. Bisa jadi akan ada beberapa perbedaan yang diinginkan oleh pasangan atau keluarga tentang konsep pernikahan ini. Saat hal ini terjadi, maka lakukan diskusi yang baik untuk bisa menentukan dan menyepakati bersama tentang konsep pernikahan yang akan dilangsungkan. Dengan adanya kesepakatan bersama ini maka pernikahan kita pun akan memiliki peluang berjalan dengan lancar dan sukses karena mendapatkan dukungan yang banyak pihak.

3. Melupakan Dokumen Penting Pernikahan

Dalam melangsungkan pernikahan, dokumen tentunya meruapakan hal yang wajib dipenuhi. Beberapa dokumen seperti KTP, akta kelahiran, surat nikah dan lainnnya merupakan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengesahkan pernikahan kita dengan pasangan. Sayangnya tidak sedikit dari beberapa orang yang ceroboh dengan lupa mengurus dokumen atau membuat dokumen ini hilang. Mereka terlalu berfokus pada penyelenggaraan agenda pernikahan hingga lupa mempersiapkan dokumen yang menjadi persyaratannya.

4. Terlalu Terburu-buru Menyewa Gaun Pengantin

fitting gaun
fitting gaun

Gaun pengantin memang hal yang wajib dikenakan pengantin saat resepsi. Maka tak heran jika banyak pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahannya berhasrat untuk selalu menyewa gaun jauh-jauh hari. Faktor ketersediaan yang terbatas menjadi alasan mereka mengapa mereka ingin fitting dan menyewanya jauh-jauh hari. Padahal gaun pengantin adalah busana yang harus dikenakan dengan tepat dan pas sesuai dengan tubuh kita. Sedangkan kita tahu sendiri bahwa tubuh kita tak selalu sama disetiap waktu. Ada kalanya disuatu waktu bobot tubuh turun namun bisa jadi naik. Nah, saat kita menyewa gaun dengan masa yang jauh dari hari H, bagaimana jika terjadi perubahan bentuk tubuh pada diri kita? tentu hal ini akan merugikan kita. Maka dari itu sebaiknya menyewa gaun pada hari-hari menjelang waktu pelaksanaan, agar proses fitting sesuai dan tepat dengan ukuran kita, saat mengenakannya di resepsi pernikahan.

5. Over Dieting dan Over Treatment

Memiliki tubuh yang bagus saat resepsi pernikahan memang membuat pengantin akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Maka tak heran jika banyak pengantin terutama pengantin wanita melakukan diet atau melakukan treatment pada tubuhnya agar terlihat bagus saat hari H. Memang sah-sah saja melakukan ini, tapi yang harus kita ingat dalam melakukan diet dan treatment ini harus tetap terkontrol. Kita tidak boleh melakukannya secara berlebihan atau over. Perlakukan yang berlebihan terhadap tubuh bukan tidak mungkin akan membuat kita malah menderita sakit pada saat pelaksanaan resepsi berlangsung.

6. Terlalu Berhemat

Memang sah-sah saja mengatur resepsi pernikahan ini dengan sederhana dan hemat. Dalam acara pernikahan kita tidak bisa menganggarkan dana terlalu minim. Kita harus melebihkan dana untuk beberapa pos terutama untuk konsumsi. Karena ada kemungkinan jika tamu yang kita undang mengajak anak-anak mereka. Saat terjadi hal seperti ini yang bisa kita lakukan adalah memberikan dana lebih untuk konsumsi.

7. Menggunakan Teman atau Sahabat Sebagai “Petugas” Di Wedding Kita

Mungkin beberapa teman atau sahabat kita ada yang memiliki jasa wedding organizer yang bisa handle cara kita. Namun tahukah kamu bahwa tidak semua teman atau sahabat bisa melaksanakan pekerjaannya secara maksimal dan profesional. Tentu kita ingin menjadikan resepsi pernikahan berjalan dengan lancar dan sukses kan. Maka dari itu kesuksesan umumnya hadir dari pekerjaan yang dilakukan secara profesional. Nah jika kita menggunakan jasa teman untuk pernikahan, sebaiknya pastikan teman kita adalah orang yang bisa bekerja secara optimal dan profesional. Hubungan pertemanan seringkali memang membuat pekerjaan menjadi lebih cair dan lunak, inilah yang harus kita waspadai saat akan menggunakan teman sebagai “petugas” di wedding kita.

Meminimalis kesalahan saat persiapan pernikahan dengan menghindari beberapa poin diatas maka peluang kita menyelenggarakan pesta pernikahan yang baik dan lancar akan bisa terbuka lebar dan terwujud dengan sukses. Untuk itu penting sekali bagi kita mencatat dengan detail apa saja yang benar-benar kita butuhkan dalam mempersiapkan prosesi pernikahan. Buatlah daftar dan beri tanda barang-barang apa saja yang sudah ataupun belum dibeli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here