Tips Menjalin Hubungan Dengan Mertua

0
273
views
keluarga bahagia
keluarga bahagia

Menikah bukan hanya penyatuan antara dua orang, tapi penyatuan dua keluarga. Menjalin hubungan dengan keluarga pasangan tidaklah semudah seperti yang dibanyangkan. Terutama dalam hal ini adalah hubungan istri dengan ibu mertua.

Ada beberapa kreteria mertua yang seringkali sulit dihadapi dan selalu menilai jika diri kita atau menantunya selalu tidak cukup dimata mereka. Sebenar sebelum kita menikah pun kita sudah di kenalkan dengan orang tua pasangan. Tetapi walaupun sudah sering kali berjupa rasa cangung dan segan kerap menghinggapi perasaan kita. Namun sebenarnya hal tersebut wajar karena semua pasangan pasti mengalaminya.

Sebagai menantu, kita mungkin belum cukup mengenal karakter mertua. Jadi sering kali kita tidak tahu bagaimana harus melakukan sesuatu agar mertua bisa menerima kita atau bahkan bisa membuatnya terkesan. Hanya saja beberapa hal justru menjadi sebaliknya dan membuat benturan kecil dan membuat hubungan dengan mertua kurang harmonis.

Sebuah masalah dalam rumah tangga memang hal yang wajar, tetapi sebaiknya hal ini jangan di biarkan begitu saja. Karena bagaimana pun mertua adalah orang tua suami dan harus kita anggap sebagai orang tua sendiri karena kita terikat dalam hubungan pernikahan. Untuk itulah sebaiknya kita melakukan usaha dan upaya untuk membuat hubungan menjadi harmonis.

Berikut beberapa tips menjalin hubungan baik dengan mertua

1.Bangun Lebih Pagi

Sebelum menikah mungkin kita terbiasa bangun siang. Ubah kebiasan itu jika kita sudah menikah dan tinggal bersama dengan mertua. Ada banyak orang tua yang masih memegang teguh prinsipnya. Bahwa setiap perempuan wajib bangun pagi dan menyiapkan segala kebutuhan suaminya. Seperti memasak di dapur dan beres – beres rumah. Jika kita melakukan itu tentunya akan membuat mertua kita senang dan bahagia.

2.Jadilah Lebih Rajin

Untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan mertua adalah melakukan hal yang membuatnya terkesan. Salah satunya adalah dengan diri kita yang rajin, jangan sungkan untuk membereskan rumah tanpa di suruh. Dengan melihat diri kita yang rajin bisa menjadi indikator bahwa kita bisa mengurus rumah dan suami dengan baik. Jangan sekali kali hanya duduk diam di depan tv atau bercengkraman dengan suami dan membiarkan orang tua klabakan mengurus rumah.

3.Jangan Lupakan Mertua

Jika setelah menikah kita memiliki rumah sendiri, jangan pernah melupakan mertua kita. Kita tetap harus menjenguk mertua kita, bersama keluarga. Jangan sampai mertua kita merasa kita telah merebut anaknya dan tidak membiarkannya bertemu. Terkadang, mertua ingin sekali menghabiskan waktu bersama dengan keluarga anaknya dan di hormati. Untuk itulah tidak ada salahnya sesekali mengundang mertua ke rumah atau kita yang berkunjung ke sana.

4.Mengalah Demi Kebaikan

Terkadang dalam beberapa hal kecil sekalipun pendapat kita berbeda dengan mertua. Nah, di sinilah kedewasaan kita dituntut untuk bisa diperlihatkan. Saat bertentangan pendapat bersama dengan mertua, lebih baik kita mengalah saja dan terima semua pendapat mertua dengan senang hati. Karena biasanya orangtua selalu ingin dihargai. Mengalah di sini akan membuat kita menghargai mertua. Dalam hal ini kita juga bisa menghindari pertengkaran kecil bersama dengan mertua yang akan membuat hubungan bersama dengan mertua jauh lebih baik dan lebih harmonis.

5.Sabar dan Berpikir Positif

Ketika kita telah melakukan upaya dan usaha untuk bisa mendekati dan mengambil hati mertua, namun hal ini masih saja tidak berhasil dan sikap mertua masih saja dingin pada diri kita. Maka, jangan pernah berpikir negatif tentang mertua kita dengan kita selalu kesal menghadapi mertua. Saat sikap mertua selalu cuek pada diri kita sebaiknya bersabarlah mungkin hanya waktu yang akan membuat keadaan lebih baik. Tetaplah berpikir positif, bagaimanapun kita mencintai anaknya. Dengan demikian, harus bisa mencintai orangtuanya.

Demikian beberapa tips dalam menjalin hubungan baik bersama dengan mertua untuk menciptakan keluarga yang lebih sempurna. Semoga tips kali ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here