Tips Menyusun Menu Pesta Pernikahan

0
157
views
tips menyusun menu pernikahan

Dalam sebuah pesta pernikahan sajian makanan merupakan hal terpenting. Terkadang orang melihat keberhasilan sebuah pesta dari makanannya. Bisa jadi orang lebih membicarakan tentang makananya dari pada masalah dekor atau entertaimentnya. Jangan sampai dchnya saat tamu pada datang makanan yg di sajikan sudah habis, padahal baru satu jam dari dimulainya acara. Pasti kalian akan merasa malu bukan jika terjadi seperti itu, dan tamu kalian pun pasti kecewa.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menyusun menu.

1. Jumlah Tamu

Langkah pertama kita harus mengetahui jumlah tamu undangan. Misalnya kamu menyebar undangan 500 itu brarti jumlah tamu bisa 1000, dan agar lebih aman porsi di tambah 20%. Hal tersebut untuk mengantisipasi tamu yang di undang melalui chat di grum WA atau pun BBM. Dan juga pasti ada beberapa tamu yang membawa anak mereka. Jumlah berikut, bukan jumlah makanan buffet secara keseluruhan ya, tetapi juga jumlah yang terdapat pada menu gubukan (food stall).

menu pesta pernikahan
menu pesta pernikahan

2. Waktu Pesta

Kamu juga harus memperhatikan waktu pesta yang akan kamu adakan siang atau malam. Karena porsi buffet pada siang hari biasanya lebih banyak dari pada malam hari. Perbandingan pada pesta siang biasanya 70% makanan buffet dan 30% food stall atau 80% makanan buffet dan 20% food stall. Untuk food stall sendiri dibuat pada jenis makanan ke 4 tamu sudah merasa kenyang. Sedangkan pada malam hari biasanya 50% menu buffet dan 50% food stall. Karena pada malam hari biasanya tamu tidak makan berat.

3. Variasi Makanan

Makanan yang bervariasi tentunya akan membuat tamu undangan tertarik mencicipinya. Terlebih jika menu yang disajikan jarang di jumpai. Menu buffet pada dasarnya terdiri dari tujuh sampai sembilan jenis masakan. Mulai dari menu pokok seperti nasi putih, nasi goreng, mie goreng hingga lauk dan sayuran.

variasi makanan
variasi makanan

4. Tema Pesta

Jangan salah tema pesta juga penting buat menentukan menu. Karena jika pesta kamu tradisional maka makanannya juga tardisional. Jika pesta kamu internasional maka menu makanannya adalah western, japanese, korean, dan lainnya. Kita boleh memadupadankan menu. Tapi yang dominasi tetep menu yang sesuai dengan pesta ya.

5. Kombinasi Warna

Warna ternyata berpengaruh untuk membangkitkan selera makan lho. Menu dengan aneka warna tentunya lebih menarik dibanding menu dengan warna monoton. Misalnya saja kamu dihadapkan pada menu buffet dengan pilihan rendang, gurame asam manis, ayam masak kalio, udang galah masak kari, yang didominasi warna kekuningan. Tentunya kurang membangkitkan rasa bukan.

kombinasi warna
kombinasi warna

6. Bahan Baku

Saat menyusun menu sebaiknya hindari penggunaan bahan baku yang sejenis dalam satu buffet. Misalnya kamu sudah memilih ayam cabai hijau, maka jangan menambahkan lagi ayam panggang, ayam rica-rica ataupun menu lain yang berbahan dasar ayam.

Jika kamu memilih menggunakan jasa catering untuk menyiapkan menu pernikahan kamu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  • Kamu perlu mengetahui cita rasa, kualitas makanan, dan kemampuan catering menyediakan makanan yang kamu minta.
  • Jangan sampai kamu ketipu dengan mulut manisnya marketing catering tersebut. Kamu harus bener-bener memastikannya sendiri apakah catering itu bisa dipercaya.
  • Tanyakan juga spesialisasi makanan yang dimiliki catering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here