Makna Dibalik Wedding Cake

0
230
views
Makna Wedding Cake
Makna Wedding Cake

Di indonesia sendiri kue pengantin belumlah menjamur. Biasanya kue pengantin hanya di gunakan jika tema dan konsep yang di angkat adalah internasional wedding. Sedangkan di indonesia masih banyak adat dan budayanya. Kebanyakan dari mereka menggunakan prosesi adat. Tidak sedikit pula dari mereka yang juga menggunakan wedding cake. Apakah kalian tau makna dari wedding cake itu?

Pernah gk sch kalian bertanya-tanya? Walaupun sering hadir dalam setiap pesta pernikahan, belum tentu setiap orang tau dan mengerti akan makna kue pengantin yang selalu menjadi bagian terpenting dari perayaan pernikahan. Biasanya momen pemotongan kue pengantin oleh kedua mempelai pun seringkali dipilih sebagai bagian klimaks dari sebuah pesta perayaan pernikahan. Perlu kamu ketahui nih, makna kue pengantin ternyata sarat terkandung berbagai filosofis loh! Walaupun perlu merogoh kantong yang cukup dalam, tetapi makna yang didapat tentunya sebanding dengan harga yang dikeluarkan.

Sebagai saksi awal kisah jalinan cinta

Kue pengantin yang bertingkat-tingkat serta mempunyai bentuk dan warna yang unik ternyata tak hanya mempercantik dekorasi ruangan aja loh. Lebih dari itu juga sebagai saksi awal kisah jalinan cinta dua pasang kekasih yang baru diikatkan dalam sebuah ikrar sehidup semati. Dengan dipotongnya kue pengantin bersama-sama, maka makna kue pengantin pun dapat menjadi saksi kerja sama kedua pasangan pengantin dalam mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga.

Sebagai sebuah pengharapan dari kedua mempelai

Di belahan dunia lainnya khususnya di Eropa, kue pengantin yang nantinya akan dipotong oleh kedua mempelai merupakan tradisi wajib dalam sebuah pesta perayaan pernikahan. Masyarakat Eropa khususnya Skotlandia dan Inggris percaya bahwa makna kue pengantin merupakan simbol kesuburan dan pengharapan akan segera diberikannya keturunan kepada kedua mempelai.

Penggambaran karakter kedua mempelai

Selain menjadi daya tarik utama perhatian para tamu undangan dan juga dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut, kue pengantin juga merupakan penggambaran dari karakter mempelai yang baru menikah ini. Bener banget, bentuk kue pengantin yang bermacam-macam dan unik dari mulai istana, hati, rumah dan lain sebagainya merupakan gambaran dari karakter kedua mempelai untuk nantinya bersama-sama dalam mengurus rumah tangga. Sederhananya, jika bentuk yang diinginkannya adalah hati maka makna kue pengantinnya adalah cinta yang tulus dan abadi dua orang kekasih. Wih, so sweet yah.

wedding cake
wedding cake

Berbicara tentang wedding cake, ternyata juga bisa di gunakan untuk mempercantik dekorasi lho. Tentu saja jika hanya tujuannya untuk itu tidak perlu menggunakan cake asli. Kita bisa menggunakan styrofoam yang di bungkus dengan kain putih dan di hias menyerupai cake. Jika wedding cake terlalu tinggi pun tidak semua cake nya asli hanya setenghnya sajaatau bahkan hanya yang paling atas saja yang asli.

Bentuk wedding cake di belahan dunia pun berbeda dengan wedding cake di indonesia hanya beberapa negara saja yang bentuknya sama dengan indonesia.

  • Bes Casados (Brazil), terbuat dari dua sponge cake yang direkatkan dengan krim yang terbuat dari dulce de leche (saus caramel). Nantinya kue ini akan dibungkus dengan pita dan diberikan pada tamu di akhir pesta.
  • Kacang kola (Nigeria), umumnya digunakan untuk pengobatan. Kafein yang tinggi dapat meredakan rasa lapar dan membangkitkan energi. Menurut kepercayaan, kacang ini adalah simbol pasangan untuk menyatukan perbedaan yang ada dalam pernikahan nantinya.
  • Rice Bowl Soup (Cina), Merupakan sup bola beras yang rasanya manis sebagai tanda bahwa hubungan pernikahannya nantinya akan berjalan manis layaknya sup tersebut.
  • Almond Yordania (Yunani), Permen berlapis almond biasanya disajikan di pesta pernikahan Yunani. Rasa kacang yang sedikit pahit dan lapisan gula yang manis, melambangkan pasang surutnya pernikahan.
  • Kazunoko (Jepang), Ikan herring (kazunoko) melambangkan kesejahtraan keluarga. Sajian ini menjadi salah satu deretan sushi yang banyak digemari di Negeri Sakura, terutama saat perayaan tahun baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here