Cara Merawat Cincin Kawin

0
168
views
Cincin Nikah Gracia dan David
Cincin Nikah Gracia dan David

Cincin kawin menjadi simbol janji suci dari kedua pasangan yang menikah. Tidak hanya sekedar simbol tapi juga memiliki makna dibalik itu. Cincin kawin menjadi sangat krusial karena menjadi salah satu syarat wajib dalam suatu acara pernikahan. Makanya dalam pemilihan sejak awal, ada kriteria khusus yang kalian pertimbangakan saat menentukannya.

Digunakan selama kalian menikah tentunya butuh perawatan khusus juga agar kilaunya tetap terjaga. Jangan sampai si cincin kawin yang telah banyak memiliki cerita cinta atau bahkan perjuangan untuk bisa membelinya kemudian kotor atau rusak begitu saja, sayang kan!. Maka kamu wajib untuk membersihkannya atau setidaknya tahu bagaimana cara merawat si cincin kawin ini agar kilaunya tetap bersinar.

Lepas cincin saat melakukan kegiatan tertentu

Emas sangat mudah tergores sehingga wajib dilepas ketika melakukan pekerjaan berat. Untuk bahan perak juga sebaiknya di lepas. Berbeda dengan palladium, karena bahan ini sangat kuat dan tidak mudah tergores.

Begitu pula ketika kamu berenang, sebaiknya simpan dulu agar tidak hilang saat di kolam renang. Karena kaporit yang ada di kolam renang juga dapat merusak cincin kamu. Cincin memang sangat rentan dengan bahan- bahan kimia.

Simpan di tempat yang aman

O’Connell menyarankan untuk menyimpan cincin atau perhiasan lainnya di kantung anti noda. Namun, bila kamu tidak memilikinya, simpan dalam kotak yang dilapisi kain dan letakkan dalam laci. Selain berguna untuk menjaga kualitas cincin, tempat aman juga melindunginya dari pencuri.

Lakukan perawatan rutin di rumah

Disela-sela kesibukan kalian, setidaknya lakukan kesempatan rutin merawat cincin kawin kalian setidaknya dua bulan sekali. Cara memcucinya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dengan rendaman air hangat ( tidak boleh air panas ya) yang dicampur dengan 3 tetes larutan pencuci piring. Setelah itu kamu bisa mulai untuk menyikatnya dengan sikat bulu lembut ya. Bulu yang kaku malah membuat cincin kamu tergores jadi berhati-hatilah. Sebagai alternatif sikat pensil alis bisa kamu gunakan untuk menjakau seluruh permukaan cincin.

Lakukan pengecekan rutin ke toko

Jika kamu tidak sempat membersihkan dirumah, setidaknya sempatkan setahun sekali untuk mengecek keadaan cincin nikah kamu. Para jeweler akan mengecek kondisi keseluruhan cincin kawin kalian. Kondisi cincin kawin yang setiap hari digunakan pasti sering terkena keringat, debu, dan juga goresan yang tanpa kita sadari sudah merusak si cincin kawin ini.Di sini kita juga bisa memperbaiki cincin kita. Apakah harus di ubah ukuran cincinnya atau ada permata yang lepas dan mau di ganti dan masalah-masalah laen.

Amankan cincin kawin anda saat traveling

Jika Anda berencana untuk bepergian bersama teman atau keluarga, siapkan tempat penyimpanan perhiasan khusus traveling untuk cincin kawin dan barang berharga lainnya. Klik di sini untuk tips aman menggunakan perhiasan saat sedang traveling.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here