Cara Mendapatkan Modal Nikah

0
2915
views

Pernikahan merupakan impian setiap orang untuk membentuk keluarga yang bahagia dan melanjutkan keturunan. Namun pernikahan membutuhkan budget yang cukup. Bahkan pernikahan yang sederhana pun membutuhkan biaya setidaknya untuk administrasi dan penghulu. Besaran budget nikah tergantung dari konsep dan tema pernikahan itu sendiri. Banyak pasangan yang menganggap dana pernikahan sebagai pengeluaran mendadak, sehingga seringkali rasa panik melanda ketika momen pernikahan sudah semakin dekat. Untuk menghindari perasaan panik dalam menyiapkan biaya pernikahan, sebaiknya biaya pernikahan dipikirkan sejak dini. Paling tidak, disarankan untuk menyiapkan biaya pernikahan 3 tahun sebelumnya dengan cara menyisihkan sebagian penghasilan yang kita miliki.

Dengan menyiapkan budget pernikahan jauh-jauh hari maka pasangan akan terhidar dari hutang. Apalagi berhutang hanya untuk melaksanakan pernikahan. Jangan sampai merasakan kebahagian sesaat saat mengadakan pesta pernikahan, tetapi sengsara dalam berumah tangga karena hutang.

Dalam menyiapkan biaya pernikahan sebaiknya diskusikan dengan pasangan, berikut beberapa hal yang perlu di diskusikan

  • Diskusikan besaran gaji masing-masing, berapa banyak yang harus disisihkan kemudian baru menyusun rencana keuangan dari¬† jumlah yang disisihkan.
  • Diskusikan apakah ada utang yang menjadi tanggungan. Misalnya kartu kredit, kredit kendaran dsb. Membicarakan hutang penting agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari dan memberatkan pasangan.
  • Kenali pasangan anda apakah berjiwa boros atau berhemat dan cari solusinya.

Hitung kebutuhan biaya untung melangsungkan pernikahan. Untuk memudahkan kita menghitung budget pernikahan kumpulkan informasi tentang segala kebutuhan pernikahan serta perkirakan berapa biaya yang di butuhkan. Perhatikan juga hal-hal berikut ini :

Jumlah tamu undangan

Jumlah tamu sangat menentukan kapasitas gedung, jumlah porsi catering, jumlah souvenir yang di perlukan dan sebaganya. Jumlah tamu yang hadir adalah dua kali jumlah undangan ditambah anggota keluarga yang dekat biasanya mereka akan datang tanpa perlu undangan.

Biaya sewa gedung

Menyewa gedung biasanya di pilih karena tidak mungkin menyelenggarakan pernikahan di rumah karena tidak cukup luas, atau rumah sulit dicapai. Bila memutuskan untuk menyewa gedung segera cari tahu berapa hara sewa gedung tsb.

Biaya paket pernikahan

Yang termasuk ke dalam paket pernikahan biasnya : dekorasi, make up, baju penganten dan pengiring, hiburan, fotografi, souvenir, dan sebagainya. Pilihlah paket pernikahan yang sesuai anggaran yang dimiliki.

Biaya tak terduga

Biaya ini di gunakan untuk printilan-printilan kecil seperti buku tamu, transport penghulu dll. Karena itu adalah hal yang sepele yang biasanya terlupakan oleh kita.

Jika di rasa dana yang terkumpul masih kurang kita bisa meminjam. Sebaiknya pinjam di satu tempat saja agar kita mudah untuk membayarnya. Sebelum berhutang dikusikan terlebih dahulu. Jika memungkinkan pinjamlah pada saudara terlebih dahulu. Satu hal yang perlu di ingat jika memutuskan untuk berhutang jangan sampai hal itu membuat hubungan kamu dan pasangan jadi teranganggu. Karena masalah uang itu sangat sensitive.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here