Setelah Menikah Tinggal di Rumah Mertua “Ya dan Tidak”

0
180
views

Sehabis menikah tentunya akan ada pertanyaan ” akan tinggal dimana nanti?”. Biasanya hanya orang-orang terdekat saja yang akan menanyakan hal itu, seperti keluaraga, teman dan sahabat dekat. Apakah akan tinggal di rumah mertua, orang tua, ngotrak rumah atau beli rumah baru? Sebelum memutuskan ada baiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu akan tinggal dimana.

Sejatinya rumah merupakan tempat yang akan membuat kamu nyaman, tentram dan damai tinggal di dalamnya. Apalagi jika kamu adalah pengantin baru, pasti hal ini yang di tunggu-tunggu tinggal seatap dengan pasangan. Tinggal di rumah mertua sebenernya gk seperti yang di takutkan banyak orang kok. Asal kamu koperatif dan bisa membawa diri kamu. Tinggal dirumah mertua setelah menikah untuk sementara waktu bakal membuat kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan masa depanmu bersama keluarga kecilmu nantinya.

Disimak dulu yuk beberapa saran dari kami jika kamu memutuskan tinggal dirumah mertua setelah menikah.

YA :

  • Niatkan dari awal bahwa kamu tinggal di rumah mertua hanya untuk sementara waktu. Karena jika terlalu lama tinggal di rumah mertua pasti akan omongan yang kurang baek entah itu dari tetangga atau kerabat.
  • Lakukan hal koperatif untuk sama-sama berkontribusi di dalam rumah tersebut. Misalkan sama-sama menjaga kebersihan rumah atau membantu pekerjaan rumah.
  • Tingkatkan rasa kepedulian kamu terhadap orang rumah. Ingat kamu tidak tinggal sendiri di rumah itu, tunjukan sikap peduli terhadap mertua kamu.
  • Melatih kesabaran dan selalu berpikir positif. Hidup tak selalu seperti yang kamu harapkan, seringkali masalah pun datang menerpa. Maka dari itu bersabarlah dan selalu berpikir positif jika kamu mendapatkan hal yang kurang berkenan saat tinggal bersama ibu mertua.
  • Walaupun kamu sudah dianggap sebagai keluarga, tetapi tetap jaga sopan santun dan privasi semua orang di rumah. Jangan memasuki kamar tanpa ijin atau mengambil barang tanpa ijin.
  • Jika kamu memiliki waktu luang, lakukan silaturahmi dengan tetangga di luar agar keluarga kecil kamu di kenal oleh warga sekitar dan mencairkan suasana.

TIDAK :

  • Jangan tinggal terlalu lama dirumah mertua. Jika segala kebutuhan dan kesiapan kamu untuk menempati rumah barumu sudah rampung, maka akan lebih baik kamu segera tempati rumah barumu tersebut.
  • Setiap keluarga dan rumah memiliki tata krama dan aturanya masing-masing. Hal ini bisa kamu tunjukan dengan minimal tidak pulang terlalu malam jika bepergian ataupun pulang kerja, karena hal tersebut tentunya akan mengganggu seisi rumah yang sedang beristirahat.
  • Jangan sibuk sendiri dengan kegiatan kamu ataupun terlalu sering mengurung diri di dalam kamar. Bersosialisasilah keluar dan ajaklah orang tua kamu yaitu mertua untuk mengobrol dan berusaha menghiburnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here