Pengaruh Media Sosial Terhadap Pernikahan

0
124
views
Pengaruh Media Sosial Terhadap Pernikahan

Zaman sekarang kalau gk pake sosmed bisa dibilang kurang gaul atau gaptek. Tapi banyak dari mereka yang menggunakan sosial media secara berlebihan sampai lupa dengan lingkungan di sekitar kita sendiri. Kalian pernah liat banyak orang datang ke cafe bersama keluarga, tetapi di sana mereka malah sibuk dengan hpnya masing-masing. Sibuk dengan dunianya sendiri.

Dengan penggunaan sosmed yang seperti itu bisa berpengaruh terhadap pernikahan kalian. Kita harus sadar bahwa kita hidup di dunia nyata yang harus peduli dengan lingkungan bukan hanya sibuk dengan dunia maya.

Berikut ini beberapa dampak negatif  gadget dan media sosial bagi keutuhan keluarga umumnya bagi hubungan dan kehidupan sosial manusia. Semoga dengan mengetahui dampak negatif berikut kita jadi lebih waspada bahaya gadget dan media sosial bagi keutuhan Keluarga.

1. Terlalu Berlebihan Berbagi Informasi

Membagikan status atau foto mungkin menjadi salah satu keasyikan tersendiri saat bermain media sosial. Apalagi bila yang kita bagikan tersebut mengundang reaksi yang beragam dari teman maupun para follower. Tapi ingat, terlalu berlebihan berbagi informasi di media sosial juga tak baik untuk hubungan pernikahan kalian. Terlebih lagi kalau yang diposting berbau curhat atau seputar permasalahan rumah tangga. Selain terlihat childish, ini juga bisa memicu pertengkaran.

2. Kecemburuan

Media sosial dapat menjadi faktor obsesi, di mana suami dan istri selalu rajin memperbarui statusnya hampir setiap waktu tertentu. Sehingga mereka masing-masing sibuk memegang gadgetnya, sibuk berkomentar di sana-sini, asik mengobrol menanggapi komentar teman-temannya, hingga masing-masing lupa diri. Terkadang ini dapat menjadi bomerang dalam suatu hubungan pernikahan, yang kadang menyulut api kecemburuan, terutama jika salah satu pihak saja yang sedang terlalu asik mengobrol dengan teman di dunia maya, sednag pasangannya dicuekin dan tidak diperhatikan.

3. Waktu

Salah satu tantangan bagi suami-istri adalah menemukan waktu berkualitas untuk bersama. Nah, ini bisa saja semakin sulit saat salah satu pihak sudah kecanduan media sosial. Terlalu asyik bermain media sosial bisa membuat siapa saja lupa waktu. Jika tidak disiplin dan mengatur prioritas dalam bermain media sosial, ini bisa merusak hubungan kamu dan pasangan.

4. Faktor Mantan

Teknologi di media sosial memang memungkinkan setiap orang terhubung dengan sanat mudah. Bahkan, mantan yang menurutmu sudah ditelan bumi sekalipun bisa tiba-tiba muncul di daftar saran pertemanan. Kehadiran mantan pacar ini bisa jadi bumerang untuk hubungan pernikahan kalian.

5. Pemicu Perselingkuhan

Kamu mungkin sudah sering mendengar kasus perselingkuhan yang berawal dari pertemanan di media sosial. Ya, bila tidak bijak dalam menggunakan media sosial tanpa sadar pernikahan kalian bisa saja menjadi taruhan.

Itu dia beberapa pengaruh gadget terhadap pernikahanmu. Semoga dengan artikel tersebut kamu bisa memanfaatkan gadget dengan bijaksana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here