Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

0
81
views
Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Setiap orang yang sudah ataupun belum berumah tangga pasti menginginkan keharmonisan dalam rumah tangganya kelak. Kalian pasti juga menginginkan hubungan itu satu untuk selamanya. Namun, kenyataannya banyak sekali masalah di rumah tangga yang akan silih berganti. Mulai dari masalah yang sepele sampai masalah besar yang dapat memicu pertengkaran. Akibatnya banyak pasangan suami istri yang memilih untuk berpisah.

Berikut ini beberapa cara menjaga keharmonisan dalam rumah tangga

1. Saling Memahami

Tidak bisa memahami satu sama lain adalah penyebab pertengkaran dalam kehidupan berumah tangga. Untuk itu, saling memahami memahami dan mendukung satu sama lain menjadi cara terbaik menjaga keharmonisan dalam rumah tangga anda. Tugas utama suami adalah mencari nafkah, sedangkan istri bertugas mengurus anak dan rumah.

2. Saling Menghargai

Saling menghargai adalah elemen penting untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Pada dasarnya baik suami maupun istri memiliki sifat dan karakter berbeda. Diperlukan kekompakan untuk dapat menyatukan perbedaan tersebut.

Bentuk penghargaan istri terhadap suami adalah bersikap sopan dan menghormatinya dimanapun berada. Jangan menceritakan hal buruk tentang suami kepada keluarga, teman, maupun tetangga. Sementara sebagai suami, jangan memaksakan kehendak anda dan hargailah pendapat dan keinginan istri.

3. Saling Percaya

Saling percaya antara kedua belah pihak adalah kunci meraih keharmonisan rumah tangga. Jangan biarkan pikiran dan hati saling menaruh curiga satu sama lain. Karena jika suatu hubungan tidak dilandasi kepercayaan, maka tidak akan bertahan lama.

Memang tidak mudah untuk membangun kepercayaan. Namun, jika anda berfikir positif tentang pasangan anda, tentu pikiran-pikiran buruk yang menyebabkan rasa curiga akan sirna seketika.

4. Saling Memaafkan

Konflik memang menjadi bumbu kurang sedap dalam kehidupan berumah tangga. Kesalahan kecil yang dilakukan pasangan menjadi bahan untuk memulai pertengkaran. Hal ini terjadi karena belum adanya kesadaran untuk saling memaafkan.

Kondisi ini sering menyebabkan masalah yang sebenarnya bisa anda diselesaikan dengan jalan musyawarah. Namun, malah menjadi sebuah pertengkaran besar yang harusnya tidak terjadi. Oleh sebab itu, berusahalah untuk memaafkan kesalahan pasangan anda. Apalagi jika pasangan anda secara terang-terangan meminta maaf.

5. Menjaga Komunikasi

Komunikasi yang baik adalah hal terpenting untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga anda. Apalagi sekarang dengan adanya telepon genggam, komunikasi terasa lebih mudah. Untuk itu, jika komunikasi anda dengan pasangan belum baik, perbaikilah segera.

Bagaimana cara menjaga komunikasi dengan baik? Jika anda selama ini jarang telepon atau hanya mengirim pesan singkat saat sedang berada di kantor. Cobalah untuk sesekali menelepon istri anda saat istirahat. Anda bisa bertanya hal-hal ringan seperti dia sedang apa atau sudah makan belum. Hal ini tentu membuat istri merasa diperhatikan oleh anda meskipun sedang tidak bersama.

6. Bersyukur

Rahasia keharmonisan dalam rumah tangga adalah dengan mensyukuri karunia Tuhan yang telah memberikan jodoh sebaik pasangan anda.

Walaupun kadang anda memarahi istri karena permasalahan kecil, ingatlah bahwa dia adalah pilihan anda sendiri yang perlu anda jaga sampai kapanpun. Ingat juga bagaimana anda berjuang mendapatkan cintanya. Dengan begitu anda dapat memahami betapa istri anda memang wanita yang cocok untuk anda.

Begitu juga anda sebagai seorang istri. Bersyukurlah anda memiliki suami yang penuh tanggung jawab terhadap keluarganya. Ingatlah bagaimana dia berusaha untuk meyakinkan anda bahwa dia adalah pria yang tepat untuk anda. Suami anda juga seorang kepala keluarga yang tegas dalam menjaga kehormatan keluarga serta penuh perhatian dan sayang pada anda dan anak-anak.

 

Itu dia beberapa cara agar keluarga kecil kalian tetap harmonis. Semoga tips di atas bisa di terapkan dan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here