Cara Menyiasati Harga Catering

0
164
views
Cara Menyiasati Harga Catering

Pada sebuah pesta pernikahan, catering pernikahan merupakan salah satu tempat pengeluaran terbesar. Harga paket catering pernikahan umumnya memang mahal. Apalagi kalau undangannya ribuan. Karenanya, butuh cara menyiasati dengan benar agar pembayaran budjet pernikahan tidak tersedot seluruhnya ke catering.

Sebenarnya, ada beragam cara untuk menekan biaya pernikahan, khususnya berkaitan dengan catering pernikahan. Inilah cara-cara menyiasati harga catering

1. Catering pernikahan harus disesuaikan dengan budget

Mau pusing memikirkan biaya catering pernikahan sebelum atau sesudah resepsi? Kalau sesudah, tidak usah pakai budget. Kamu bisa langsung saja pesan katering dan hidangkan ke tamu.

Meski pilih paket termurah, belum tentu ongkos pernikahan jadi lebih murah juga. Sebab, kamu tidak punya budget!

Keberadaan budget sangat penting dalam kegiatan seperti ini. Bahkan budget juga wajib ada dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya ketika akan berkegiatan. Sebab, tanpa budget kehidupan finansial kita akan acak-acakan. Termasuk dalam resepsi pernikahan. Jika tidak ada budget, pengeluaran buat apa saja tidak bakal terlacak.

2. Kurangi nasi

Umumnya orang-orang yang datang ke pesta pernikahan tidak terlu doyan makan nasi karena cenderung lebih suka makan gubukan. Makanan di gubukan umumnya tidak sehari-hari dimakan. Beda dengan yang ada di tengah, seperti nasi, sop, ayam goreng, atau ikan. Karena itu, salah satu tips untuk menyiasati catering pernikahan yang lebih murah adalah dengan mengurangi porsi hidangan nasi.

3. Fokus ke gubukan

Seperti dikatakan sebelumnya, orang-orang biasanya fokus ke gubukan. Kita juga harus sama. Gubukan menjadi kunci. Biar ngirit, kurangi porsi menu di meja tengah. Misalnya harga paket tengah Rp 2 juta, sedangkan gubukan Rp 500 ribu per gubuk.

Bisa juga Anda jadikan 1 juta rupiah untuk makanan tengah, sedangkan 500 ribu rupiah untuk gubukan, tapi kalau bisa sebaiknya ditambah lagi sebanyak 100 ribu biar porsinya lebih banyak.

4. Cukup air putih

Untuk lebih menghemat biaya catering pernikahan, sebaiknya Anda cukup menyediakan air putih saja sebagai minumannya. Selain itu, air putih jauh lebih sehat ketimbang minuman bersoda. Para tamu, apalagi yang sudah sepuh, pastinya akan lebih milih air putih demi kesehatan.

5. Pakai porsian saja

Ini nih, tradisi dalam resepsi yang sangat ramah dompet. Di Solo, ada tradisi menghidangkan sajian resepsi secara porsian. Penyajian yang sering disebut dengan nama “piring terbang” ini lebih bisa diutak-atik budgetnya.

Namanya piring terbang karena makanan dihidangkan per piring, lalu disajikan satu per satu oleh pelayan. Menunya catering pernikahan umumnya berupa:

  • Roti plus korket/sosis solo
  • Teh manis yang masih hangat
  • Sop ayam galantine
  • Nasi sambel goreng ati
  • Es buah

Pesta pernikahan merupakan acara sakral yang tidak boleh dianggap remeh. Apalagi soal makanan, karena umumnya para tamu kadang agak ribet mengomentari makanan dikarenakan dianggap kurang dari sisi ini dan itu. Karenanya, selain memastikan catering pernikahan tersebut murah, kelezatan rasanya juga tidak boleh diabaikan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here