Tips Menabung Untuk Wujudkan Pernikahan

0
165
views
Tips Menabung Untuk Wujudkan Pernikahan

Tahun baru biasanya selalu penuh dengan resolusi yang ingin dicapai. Apakah naik pelaminan bersama sang kekasih termasuk dalam daftar resolusimu di tahun ini? Jika ya, tentu perlu ada persiapan yang dilakukan ya untuk mewujudkan resolusi tersebut. Salah satunya mungkin adalah menyiapkan biaya untuk menggelar pesta pernikahan.

Nah, agar resolusi menikah itu tak hanya menjadi sebuah wacana, ada baiknya kamu mengumpulkan modal sejak sekarang. Cara paling aman tentu dengan menabung bersama pasangan. Berikut kami berikan tipsnya.

1. Mulai terbuka dengan Urusan Finansial

Bicarakan secara terbuka dan bijak seputar masalah finansial dengan pasangan sebelum memutuskan untuk menabung biaya pernikahan. Kamu bisa mulai dengan memaparkan secara terbuka berapa jumlah pendapatan, hutang, dan jumlah tabungan satu sama lain. Setelah itu susunlah bersama apa yang akan menjadi prioritas kalian dalam pernikahan nanti.

Apakah kalian ingin mewujudkan pesta pernikahan impian atau justru pergi bulan madu ke destinasi yang didambakan jauh lebih penting. Bahkan, tak masalah pula jika kiranya kalian lebih mementingkan kehidupan setelah menikah seperti membeli rumah atau kendaraan daripada menggelar pesta pernikahan mewah.

2. Sisihkan Penghasilan Kamu dan Pasangan Tiap Bulan

Jika sudah berhasil menentukan apa prioritas kalian segeralah menyisihkan penghasilan untuk niat baik ini. Pertimbangkan pula berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan bujet menikah tersebut. Lebih besar uang yang disisihkan untuk menabung tentu akan lebih baik. Namun ingat, pastikan kamu juga tak mengabaikan anggaran untuk memenuhi kebutuhan pokok setiap hari.

Jika sekiranya kalian adalah tipe pasangan yang sulit menyisihkan uang. Cobalah menggunakan model tabungan berjangka yang banyak disediakan oleh bank. Dengan begitu penghasilan akan otomatis terpotong tiap bulan di tanggal tertentu tanpa bisa diambil.

3. Berinvestasi

Menabung juga bisa dilakukan dalam bentuk investasi. Lakukanlah investasi pada barang-barang yang tidak terkena inflasi seperti investasi emas. Selain harganya yang relatif stabil, emas juga bisa menyelamatkan harta dari efek buruk inflasi.

Sebagai contoh, kamu bisa membeli emas sebesar 2 gram tiap bulan. Harganya tidak kurang sebesar Rp 500.000 per gram. Dalam satu tahun saja sudah 12 juta rupiah nilai emas yang terkumpul. Dana tersebut tentu cukup untuk menambah modal pernikahan atau justru membeli mahar pernikahan.

4. Kurangi Bujet untuk Berkencan

Pergi menonton, makan malam di restoran mewah atau pergi berlibur bersama mungkin adalah beberapa kegiatan yang kerap kamu lakukan saat kencan bersama pasangan. Nah, jika kamu dan pasangan ingin melangsungkan pernikahan tahun ini, batasi kegiatan berkencan yang menghamburkan banyak uang. Mengganti rutinitas pergi ke bioskop dengan menonton film di rumah misalnya, atau memasak bersama sebagai alternatif makan malam di luar rumah. Selain menyenangkan, kegiatan kencan ini tentu lebih hemat bukan?

5. Komitmen dan Konsisten

Ini dia kunci penting saat kamu memutuskan untuk menabung demi memenuhi biaya pernikahan, komitmen dan konsisten. Jangan jadikan resolusi menabung untuk menikah ini seperti pribahasa ‘hangat-hangat tahi ayam’ yang berarti hanya semangat di awal lalu  melempem kemudian.

Kamu dan pasangan bisa saling mendukung dan mengingatkan saat menabung untuk biaya pernikahan ini. Kalian juga bisa membayangkan kehidupan indah pernikahan yang akan dirasakan kelak, setelah bersusah-payah menyisihkan gaji bulanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here